Cooler Master Eisberg 240L Prestige hadir dengan waterblock berbentuk persegi empat yang memiliki dimensi 6,5 x 6,6 x 6,7 cm. Dengan dimensi tersebut, waterblock ini mampu menampung air lebih banyak dibandingkan dengan waterblock dengan dimensi yang lebih kecil. Untuk mengalirkan air ke bagian radiator, di dalam waterblock tersebut terdapat sebuah pompa yang cukup besar.

Tidak hanya besar, pompa ini juga memiliki tekanan yang tinggi yaitu 400 liter per jam. Dengan tekanan yang tinggi, sirkulasi air pun menjadi lebih cepat. Alhasil, panas yang dihasilkan pada saat prosesor bekerja pun dapat dialirkan dengan cepat. Untuk melihat apakah air di dalam waterblock masih cukup banyak untuk dapat beroperasi, salah satu sisi waterblock hanya ditutupi dengan menggunakan bahan acrylic.

Jika volume air berkurang, pada sisi atas terdapat katup yang dapat Anda buka dengan menggunakan obeng pipih. Sesuai namanya, Cooler Master Eisberg 240L Prestige dilengkapi dengan radiator berukuran 240 mm. Agar pendinginan lebih optimal, Anda dapat memasang dua buah kipas berukuran 12 cm pada radiator tersebut. Seperti liquid cooler lainnya, Cooler Master Eisberg 240L Prestige menyertakan dua buah kipas berukuran 12 cm.

Sayangnya, masingmasing kipas tersebut hanya berkekuatan 0,13 ampere. Arus tersebut membuat kipas hanya dapat berputar hingga 1600 RPM. Untuk meredam kebisingan kipas pada saat berputar, kedua kipas tersebut juga dilengkapi dengan karet yang tebal. Meski tidak menyertakan kipas dengan kecepatan yang tinggi, performa Cooler Master Eisberg 240L Prestige tergolong cukup baik.

Saat CHIP menguji dengan menggunakan prosesor Intel Core i7 2600K pada suhu ruangan 23c, suhu yang ditunjukkan melalui software HWMonitor adalah 44c. Sedangkan angka yang ditunjukkan oleh temperatur gun adalah 33,6c. Pengujian dilakukan pada saat prosesor dalam kondisi full load namun berjalan dengan kecepatan default.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *