Beberapa waktu lalu Merck Sharp and Dohme (MSD) Indonesia, bagian dari penyedia layanan kesehatan global, meluncurkan Univadis® di The Ice Palace Concert, Lotte Shopping Avenue. Hadir dalam acara: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian dan Kebudayaan RI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), praktisi medis, lembaga-lembaga dan perhimpunan-perhimpunan terkait, Fakultas Kedokteran dan Fakultas MIPA di Jakarta, serta perwakilan dari beberapa Kepala RS wilayah DKI Jakarta. “Di era informasi digital saat ini, tenaga profesional kesehatan membutuhkan informasi medis secara online untuk praktik, riset, serta pembuatan karya ilmiah mereka.

MSD sebagai perusahaan farmasi multinasional terkemuka terus berkomitmen mempersembahkan inovasi terbaiknya seperti sekarang ini, Univadis®,” demikian kata Chris Tan, President Director MSD Indonesia, Univadis® adalah website penyedia layanan informasi digital untuk membantu memenuhi kebutuhan tenaga profesional bidang kesehatan di Indonesia secara gratis. Tujuannya agar kemampuan dokter Indonesia tidak kalah dengan dokter asing di negara maju. Memang, untuk mendapatkan informasi dan edukasi medis yang benar dan tepat dari sumber terpercaya sekarang ini mudah karena berbagai jurnal ilmiah sudah disajikan secara online. Sayang, untuk mengaksesnya perlu dana yang cukup besar.

Melihat latar belakang inilah, Univadis® memberikan informasi ilmiah dan berita kedokteran/medis terkini secara cuma-cuma. Informasi tersebut bisa berupa video, anatomi 3D, koleksi CT Scan, jurnal dan artikel dari 50 penerbit terkemuka dunia di antaranya The Lancet, BMJ, Pubmed, dan JAMA. MSD memilih Indonesia sebagai negara pertama di Asia Pasi­ k yang memiliki Univadis, selain yang sudah ada di 40 negara lainnya. Dalam kesempatan yang sama, Dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD dari Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedoketeran Universitas Indonesia, menjelaskan perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan terjadi sangat cepat.

Dapat dikatakan dalam kurun waktu 3 tahun rata-rata berkembang sampai dengan 100%. Di lain pihak, pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan sangat meningkat, sehingga tenaga kesehatan harus selalu meng-update pengetahuan mereka. “Perlu diingat, dalam mengakses website, praktisi kesehatan sebaiknya melakukan pendekatan problem oriented sehingga dapat menjawab masalah yang dihadapi sesuai dengan bidang peminatan masing-masing.”

Semakin lama semakin maju ilmu pengetahuan, untuk itulah diperlukan keterampilan khusus untuk anak agar siap untuk menghadapi masa depan. Tempat kursus persiapan IELTS terbaik di Jakarta adalah pilihan yang tepat untuk mempersiapkan diri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *