Aztech HW550­3G berbentuk persegi panjang dengan bodi berwarna putih. Jika Anda menengok ke sisi belakang, terdapat sebuah port USB 2.0. Dengan adanya port USB, Aztech HW550­3G mampu mendeteksi modem dengan interface USB. Tidak hanya modem 3,5G yang menggunakan jaringan GSM, modem EVDO yang berbasis CDMA pun dapat dideteksi. Port USB tersebut juga dapat mendeteksi media penyimpanan serta printer.

Meski masih menggunakan versi 2.0, port USB ini mampu membaca flash disk dan hard disk eksternal yang sudah menggunakan interface USB 3.0. Pada saat flash disk atau hard disk eksternal dicolokkan ke port USB, router akan langsung mendeteksi tanpa harus dimatikan terlebih dahulu. Jika sudah terdeteksi, pada menu Home terdapat informasi tentang media penyimpanan yang Anda colokkan. Mulai dari nama, file system yang digunakan, total kapasitas, hingga besarnya free space. Agar dapat diakses melalui jaringan, opsi “Share” harus dicentang terlebih dahulu.

Di tempat yang sama juga terdapat sebuah opsi “Access”. Opsi ini digunakan untuk mengatur apakah media penyimpanan hanya dapat diakses saja atau pengguna juga dapat mengisi data di dalamnya. Selain menggunakan modem USB, Anda juga dapat memanfaatkan ethernet untuk mendapatkan akses jaringan Internet. Tepat di sebelah port USB terdapat sebuah port RJ­45 yang diper untukkan secara khusus untuk WAN. Cukup hubungkan modem ADSL / fiber optic melalui port tersebut, router ini akan terhubung dengan Internet.

Namun Anda tidak dapat menghubungkan modem USB dan ethernet WAN secara bersamaan. Pertama kali membuka control panel Aztech HW550­3G, Anda akan disuguhkan dengan tampilan mode basic. Mode ini terlihat sangat sederhana. Untuk orang awam, tampilan yang sederhana ini memudahkan pengguna untuk melakukan konfigurasi pada router. Dengan adanya menu Wizard dan Quick Setup, cukup beberapa kali klik saja, maka Anda sudah dapat terkoneksi dengan internet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *