Hal ini bisa dibuktikan dengan pemeriksaan urine di laboratorium.

  • Cepat capek dan dada berdebar karena uterus yang makin membesar sehingga menekan diafragma, mengakibatkan diafragma kurang leluasa bergerak. Untuk memenuhi kebutuhan O2 yang meningkat ± 20%, bumil selalu bernapas lebih dalam sehingga merasa sesak, cepat letih, dan agak berdebar. Kadang disertai keluhan mengantuk yang disebabkan oleh efek hormonal progesteron.
  • Untuk mengatasi keluhan tersebut, seperti: nyeri punggung dapat dikurangi dengan menganjurkan berjongkok dan bukan membungkuk saat mengambil sesuatu, meletakkan bantal sebagai sandaran punggung saat duduk, serta menghindari pemakaian sepatu high heels. Jika sering BAK di trimester 2 disarankan untuk melakukan pemeriksaan lab apakah ada infeksi saluran kemih dan jika ada infeksi harus mendapatkan terapi sesuai anjuran dokter. ­

Trimester Ketiga Keluhan yang dialami: a. Pinggang dan punggung sakit/ pegal-pegal/terasa panas. b. Kaki bengkak. c. Gerah selalu. d. Bolak-balik pipis. e. Tangan kebas dan sering kesemutan. Keluhan ini baru hilang setelah melahirkan. f. Tidur tak nyaman.

Keterangan Pakar:

  • Nyeri pinggang/punggung karena beban yang makin berat serta peregangan yang berlebihan.
  • Kaki bengkak karena volume darah yang meningkat serta aliran darah balik yang terhambat akibat uterus yang semakin membesar.
  • Sering BAK karena kepala bayi yang semakin membesar dan masuk panggul sehingga menekan kandung kemih.
  • Tidur kurang nyaman karena rasa berat (bayi/janin) dan tekanan di uterus.
  • Sakit pinggang/punggung dapat diatasi dengan olahraga untuk bumil (senam hamil bisa membantu relaksasi otot).
  • Kaki bengkak diatasi dengan mengurangi konsumsi garam, kopi, letak kaki boleh ditinggikan saat duduk atau berbaring, posisi diubah jangan terlalu lama duduk atau jalan. Keluhan Lainnya a. Batuk, pilek, dan panas, tapi tak mau minum obat karena takut efeknya ke janin. b. Buang-buang air di trimester pertama.

Keterangan Pakar: Batuk pilek dan demam selama gejala ringan dan bukan infeksi bisa diatasi dengan istirahat dan banyak minum (hangat). Namun kalau terdapat infeksi boleh diberi obat, bahkan antiobiotik yang aman untuk Mama dan janin sesuai anjuran dokter. Infeksi yang berat dapat berefek ke janin (janin bisa terinfeksi) sehingga bumi perlu mendapatkan pengobatan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *