Kini, makin banyak smartphone yang tahan air, terutama dari vendor global. Dalam kondisi yang lebih ekstrem, ternyata ada smartphone yang mampu menaklukkannya. Produsen ponsel asal Amerika, Cat alias Caterpillar, baru saja merilis smartphone Cat B15Q. Sebelumnya, Cat sudah punya smartphone tangguh berbasis Android, B15.

Ya, Caterpillar memang lebih dikenal sebagai produsen peralatan konstruksi. Namun sejak tahun 2013 perusahaan mulai merambah industri smartphone, lewat ponsel pertamanya Cat B15. Aslinya, Cat B15 dibuat oleh Bullitt Mobile dengan sistem lisensi dari Cat. Terhitung sudah ada tiga model ponsel dengan nama Cat. Ponsel terbarunya, Cat B15Q ini diklaim menjadi smartphone tangguh pertama yang berbasis Android 4.4 KitKat dan tersedia secara global. Cat B15Q berotak prosesor MediaTek quad-core 1.3GHz, RAM 1GB, dan memori anti gores Gorilla Glass 2.

Layarnya mampu mendeteksi jari yang dalam keadaan basah yang sangat berguna untuk operasional di lapangan. Untuk kamera, ada kamera utama 5 MP dengan LED ‑ash, dan kamera depan VGA. Lalu ada koneksi Bluetooth 4.0 untuk transfer ­le. Berbobot 170 gram, ukuran total smartphone ini adalah 125×69.5×14.95 mm. Smartphone Cat B15Q diklaim tahan terhadap terpaan debu, air, dan guncangan. Pasalnya, sudah berserti­kat IP67.

Artinya, smartphone ini cukup kuat saat jatuh ke tanah padat dari ketinggian maksimal 1.8 meter. Cat B15Q juga bisa bertahan dalam cuaca ekstrem di atas kemampuan manusia, mulai suhu -25°C hingga 55°C. Cat B15Q juga dilengkapi aplikasi Waves Audio Sebagai penunjang aktivitas harian, agar bisa menampilkan output suara kualitas studio profesional. Lalu ada SwiftKey untuk memudahkan mengetik lebih cepat, dan pelacak hiu global Ocearch. Belum ada informasi harganya, tapi perusahaan sudah menjadwalkan hadirnya model untuk musim panas tahun ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *