Emma Abdullah (49) merasa terharu sekaligus bangga melihat putrinya, Syifa Hasan (11) menjadi juara pertama Junior Master Chef 2014. Inilah penuturannya kepada nakita.

Sejak Kecil Suka di Dapur

“Sejak usia TK, Syifa Hasan yang kami panggil Afaf, senang sekali berada di dapur. Afaf adalah anak bungsu kami dari empat bersaudara. Kalau sudah di dapur ada saja yang Afaf lakukan, potong-potong sayuran, mencuci piring, hingga bersih-bersih dapur. Pokoknya semua pekerjaan di dapur dia suka.

Namun sebelum masuk SD, saya tidak memberi kesempatan padanya untuk memasak apa pun. Khawatir Afaf terkena pisau, minyak panas, terbakar, dan sebagainya. Sewaktu di SD, karena Afaf suka memanggang, dia mulai membuat cupcake. Saking bangganya dengan hasil buatannya, dia cerita pada keluarga dan teman-temannya. Setelah ada acara Junior Master Chef (JMC) Australia dan Amerika di televisi, Afaf jadi sering nonton acara itu.

Ia pernah berkomentar, ‘Coba di Indonesia ada acara seperti Junior Master Chef, ya, Ma.’ Karena kesukaannya memasak, di usia 9 tahun Afaf sudah minta diikutkan les masak. Karena terlihat sangat antusias, saya masukkan Afaf ke sebuah kursus masak di daerah Kemang. Saya pilih tempat tersebut karena saya anggap memenuhi syarat. Lokasinya juga enggak jauh dari rumah. Saya belikan alat-alat masak yang dibutuhkan termasuk pula buku-buku resep.”

Ikut Lomba Masak

Keikutsertaan Afaf dalam kompetisi Junior Master Chef berawal dari tempat kursus masak yang ia ikuti. Kebetulan pada saat itu, ada pihak dari sebuah stasiun televisi swasta yang tengah hunting ke beberapa tempat kursus masak anak termasuk tempat kursus Afaf. Mereka menawarkan secara terbuka pada para peserta kursus untuk ikuti audisi. Tentu yang sudah memenuhi syarat misal, berusia 8-13 tahun.

Kesempatan itu merupakan sesuatu yang diidamkan Afaf, the dream comes true. Dari tempat kursus Afaf ada dua anak yang ikut serta. Kontestan di acara tersebut berjumlah 21 anak. Audisi dilakukan dengan membuat kue apa saja yang mereka bisa.

Simak informasi lanjut mengenai les bahasa Jerman di Tangerang terbaik untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa Jerman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *